Jumat, 23 Oktober 2015

7 Cara Efektif Mengatasi Keributan di Kelas

Selamat pagi,

Anda seorang guru? Anda menemukan problem dimana anak didik anda sering ribut di kelas pada saat anda memberikan pelajaran? Jangan khawatir, setiap guru pasti mengalami hal yg sama.

Lalu solusinya bagaimana? Mari sedikit berbagi tips mengenai problem tersebut. 

Pertama, saat memasuki kelas jgn langsung to do point karena anda akan terlihat terlalu formal dan kaku sementara psikologis siswa belum sepenuhnya fokus untuk belajar. Maka ajaklah siswa anda sedikit bermain, ingat sedikit saja jgn berlebihan tujuannya untuk memfokuskan perhatian siswa kepada anda. Dengan demikian mereka menganggap anda ada didalam kelas dan perlu diperhatikan.

Kedua, mulailah pembelajaran dg berdoa, cek kehadiran siswa, dan masuk perlahan ke materi dg cara melakukan apersepsi.
Keributan dikelas

Ketiga, anda harus menguasai materi. Dengan demikian anda tidak perlu lagi pada saat menjelaskan materi menggunakan buku teks. Sehingga anda  mampu membagikan perhatian anda kepada siswa. Coba bayangkan seandainya anda tidak mengusai materi ! Anda akan lebih fokus kepada buku teks bukan kesiswa, dan terjadilah keributan. Jadi pengusaan materi adalah kunci untuk anda dalam mengelolah kelas.


Keempat, jika anda merasakan kelas anda terlalu ribut, atasi dg cara yg lembut. Hindari mengeluarkan suara yg keras, memukul meja, apalagi melempar barang yg memberi kesan anda marah besar . Hal tersebut memang membuat kelas anda senyap, tapi bukan karena fokus ke pelajaran melainkan siswa merasa takut. Ingat guru itu bukan untuk ditakuti !!


Kelima, dekati siswa/kelompok siswa yg menjadi motor keributan. Lalu beri teguran secara baik-baik. Jika sudah kondusif tetaplah anda sejenak menjelaskan sambil berada didekat siswa tsb.

Keenam, selesaikan masalah keributan dg cara yg disenangi siswa seperti permainan tepuk tangan, hello-hai, diem-bayem, dan lain-lain.

Ketujuh, gunakan metode pembelajaran yg bervariasi sehingga siswa anda tidak bosan, apa saja? Akan kita bahas di lain kesempatan atau jika memang anda membutuhkan segera, silahkan cari di sumber lain.

Semoga bermanfaat, terimakasih