Kamis, 17 Desember 2015

Trik 98% Tembus SBMPTN

Gagal SNMPTN? jangan patah arang masih ada jalur SBMPTN. Emang sih, SBMPTN belum di buka secara baru selesai akhir semester ganjil.

Tapi inilah saat yg tepat bahkan sebenernya uda aga telat tapi gpp lah untuk kita mengenal tips dan trik agar dapat lulus dan kuliah di universitas yg kita inginkan.

Kalo sebelumnya kita membahas tentang SBMPTN yg lumayan rinci. Maka postingan kali ini akan mengulas apa saja yg mempengaruhi seseorang agar lulus SBMPTN

Catatan: seandainya informasi yg kalian butuh adalah tips dan trik simlabim agar lulus SBMPTN saya katakan bahwa postingan ini bukanlah postingan yg tepat untuk kalian baca.

"Mie instan" saja perlu proses untuk memasaknya. Kalian tau kan apa itu instan? apalagi SBMPTN yg sama sekali tidak ada kata-kata instannya.

Lanjut membaca..

Selanjutnya, apa donk yg tips 98% lulus SBMPTN?

Karena kalian sudah bertanya-tanya dan tidak sabar lagi untuk mengetahui tipsnya. Dengan rasa percaya diri kita akan membahas mengenai hal itu. Hehe

Inilah dia....

Tips 98% lulus SBMPTN

1. Persiapan

Ya persiapan, hasil survey mengatakan 100% setuju dengan point ini.

Sesuatu yg dipersiapkan saja bisa gagal, apalagi yg ga ada persiapan sama sekali.

Tapi kenapa ada orang yg keliatannya tidak menyiapkan diri kadang bisa lebih baik? Bisa lulus?

Ah, jangan jadikan cermin yg seperti itu untuk kita berkaca. Memang, Persiapan tidak menjamin 100% keberhasilan, tetapi hanya mampu menjamin 99% keberhasilan sisanya yg 1% adalah keberuntungan.

Jika kalan nantinya menemukan yg semacam itu berarti org tsb masuk ke yg 1%>> "beruntung".

Apa aja yg perlu disiapkan dalam SBMPTN?

Yg pertama, tekad dan keinginan. Kedua belajar, ketiga pahami syarat dan ketentuan.

Sudah tau kan tekad dan keinginan yg dimaksud?

Tekad dan keinginan inilah sebenernya yg paling penting. Dengan adanya tekad maka kita punya komitmen, punya kedisiplinan, punya sikap untuk terus berusaha. Sementara keinginan merupakan tujuan kita, kira-kira saya mau kemana?

Jika sudah jelas maka sudah pasti kita tau apa yg harus dan tidak harus kita lakukan. Misalnya mencari informasi yg berkaitan dengan tujuan dan rajin belajar.

Meski...

"Dengan rajin belajar tidak ada jaminan kesuksesan, tapi tidak ada orang yg sukses tanpa belajar". itu!!!! Ala-ala mario teguh gitu, hehe.

Ya seperti sekarang tentunya kalian yg membaca ini saya yakin sedikit banyaknha sudah tau apa dan kemana tujuan kalian. Betul??

2. Pahami Aturan Main

Entah mau SNMPTN, SBMPTN, ataupun Ujian Mandiri memiliki sistem dan aturan masing-masing. Oleh karena itu kita harus paham apa dan gimana aturan main pada masing-masing jalur seleksi.

Mulai dari waktu & syarat pendaftaran, quota penerimaan, jurusan yg diperbolehkan untuk mendaftar, dan bentuk soal dan penilaiannya, lain-lain dan enaknya lagi kalian bisa akses ke situs resmi pantia. Disana infromasinya lengkap dan akurat.

Ini contoh data yg bisa kamu lihat disitus resmi



Dari gambar tersebut sangat jelas, bahwa jurusan SMA IPS sangat dominan diterima, sementara jurusan IPA selama 3 tahun hanya 1 orang yg diterima.

Dari sebaran penerimaan siswa yg paling banyak diterima berasal dari Jawa Timur dan jakarta.

Maka, jika kalian jurusan IPA memilih jurusan diatas, maka sangat-sangat kecil peluang untuk lulus.

Jika kalian berasal dari provinsi dikuar jawatimur dan jakarta maka peluang kalian lebih kecil.

Silahkan buka situs resmi, dan analisis jurusan yg akan kalian tuju.

Lalu bagaimana dengan Passing grade? Jangan kalian fokus ke berapa passing gradenya, karena passing grade PTN itu sifatnya dinamis. Artinya bisa berubah-ubah tergantung dengan jumlah pendaftar dan quota penerimaan setiap tahunnya. Biar lebih jelas dan ngerti apa itu passing grade kalian biaa baca di postingan sebelumnya mengenai passing grade itu sendiri.

3. Pemilihan Jurusan yg Tepat

Ini juga kalian sudah tau, mengingat peminat untuk kuliah di PTN itu sangat buaaayaakk, maka perlu kehati-hatian dalam memilih jurusan yg tepat.

Caranya gimana? Sesuaikan kemampuan kamu dengan jurusan yg akan kamu pilih. Jangan memaksa keinginan kalian jika banyak faktor yg tidak mendukung.


4. Take Action

Dari sekian banyak tips yg kalian baca termasuklah tips yg telah dan sedang kalian baca ini jika tanpa ada sebuah tindakan maka kalian telah membuang-buang waktu.

Mulailah menentukan pilihan sekarang, mulailah mencari informasi. dan yg penting mulailah belajar.

Faktor utama kegagalan adalah malas.

Mulai dari sekarang, aturlah waktu kalian semaksimal mungkin. Tapi jangan juga diporsir untuk belajar terus menerus karena bisa saja menimbulkan kebosanan.

Apa pendapat kalian mengenai tulisan ini? Silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Jangan lupa untuk membaca artikel yg berhubungan dengan seleksi masuk perguruan tinggi di label "seputar PTN"

Oh iya, biar kamu bisa update informasi seputar SNMPTN dan SBMPTN jangan lupa follow & like nya
Twitter : SNMPTNews
Fb       : Facebook SNMPTNews

Follow kalian adalah support untuk kami terus memberikan informasi.
 

Ad Placement