Sabtu, 17 Oktober 2015

Stres Karena Skripsi

Selamat malam teman,

Skirpsi merupakan tugas akhir & menjadi salah satu syarat bagi seorang mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Bagi sebagian mahasiswa skripsi merupakan momok yg menakutkan dan mengerikan. Tidak jarang saat mahasiswa mulai memasuki tingkat akhir, mereka kelihatan bingung bahkan stres memikirkan judul skripsi saya apa? Gimana sih cara membuat skripsi itu? Apakah saya bisa menyelesaikan skripsi? Dan banyak lagi.

Sebenarnya penyusunan skripsi itu tidaklah sulit seperti yg ada dalam benak kita teman. Buktinya banyak mahasiswa yg telah meraih gelar sarjana bukan? Memang pada saat sebelum, sedang, dan sesudahnya agak sedikit di repotkan, tapikan ujungnya bakal selesai juga. Nah bagi teman-teman khususnya yg mau dan akan membuat karya ilmiah/skripsi saran saya jangan terlalu di pikirkan, terus bagaiman? Skripsi itu gampang-gampang susah kok. Dibilang gampang, ada susahnya. Dibilang susah ga terlalu susah. Berikut tips dalam menyusun skripsi (berdasarkan pengalaman)

Pertama, tentukan judul. Judul merupakan langkah awal dalam menyusun skripsi.


Karena dari judul akan tergambar mengenai model penelitian, subjek penelitian Yg akan kita gunakan dalam penelitian. Dengan demikian akan memudahkan dalam mencari sumber rujukan. Lalu judul skripsi saya apa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sangat disarankan agar teman-teman rajin ke perpustakaan kampus khusunya. Tujuannya untuk melihat, membaca, & mencari ide untuk judul skripsi yg akan kita buat, ingat jangan mengambil judul punya orang ya. Selanjutnya, mungkin ada teman-teman langsung mendapatkan ide, ada juga yg belum karena alasan masih bingung, ga ngerti, dan sebagainya. Bagi yg sudah dapat ide  silahkan dicatat bakal judul tersebut. Bagi yg belum terus usaha, bisa tanya lewat alumni, internet, buku dan sumber lain yg relevan. Setelah mendapatkan judul baru kita masuk ke tahap selanjutnya.


Kedua, tahap konsultasi judul. Disini kalian akan menemukan dosen pembimbing skripsi kalian teman. Mungkin bisa dg memilih sendiri, atau bisa jadi di tentuin sama fakulas. Kita harus tau pembimbing kita siapa. Karena pembimbing itulah yg akan membimbing kita dalam menyelesaikan skripsi. Nah dalam konsultai judul tersebut, siapkan beberapa alternatif judul misalnya 5 judul atau minimal 3 judul. Minta rekomendasi dari pembimbing mengenai judul kita tersebut yg mana yg bagus biar di acc. Selanjutnya jika judul sudah acc, masuk ke tahap berikutnya

Ketiga, cari sumber referensi. Sumber referensi (buku yg relevan) ini penting teman, karena sumber inilah yg akan membantu kita juga dalam menyelesaikan skripsi. Cari sumber yg relevan sebanyak mungkin. Minimal 3 buah buku untuk sementara. Jika semua sudah fix baru masuk ke tahap berikutnya. Jika sumber minim, sebaiknya ganti judul skripsi kalian teman.

Keempat, pada tahap ini kita mulai membuat yg namanya proposal penelitan . Didalam proposal ini terdapat 3 bab, Yg mana bab 1 memuat latar belakang, tujuan penelitian, hipotesis, dan lainnya (bisa dicari di sumber lain). Bab 2 memuat tentang teori-teori penunjang penelitian. Mulai dari pengertian, jenis, langkah dan teori pendukung lainnya. Pada bab 3 memuat metode penelitian yg digunakan. Menggunakan metode apa, langkah2 penelitain, dan sebagainya.

Kelima, konsultasi dg pembimbing
Inget, Beda pembimbing beda cara teman. Disinilah yg sebenarnya membuat stress, makanya setelah membaca artikel ini jgn heran dan terkejut lagi dalam menghadapi situasi yg tak mengenakkan. Kuncinya kita harus siap mental, itu saja. Kalo salah dibenerin, kalo dimarahin sabar jgn terlalu di ambil hati. Semua orang kayak gitu kok. Tinggal di revisi yg salah. Jangan di hitung berapa kali saya revisi. Kerjakan saja pasti terlewati.

Selesai, untuk saat ini selesai. Nanti jika ada waktu kita sambung lagi ya. Dan saya yakin, setelah melewati tahap-tahap diatas teman-teman sekalian pasti sudah mahir, sudah paham, tak perlu lagi membaca artikel yg semacam ini lagi.

Kesimpulannya dari artikel ini, skripsi itu tidak serumit yg kita bayangkan, tapi juga ga semudah yg kita impikan. Tidak akan mengerti tentang skripsi jika belum menjalani, tidak akan paham tentang skripsi jika hanya di jelaskan. Lambat laun akan mengerti dg sendirinya tentang skripsi. Yg pasti butuh usaha dan proses. Inget banyak orang yg jadi sarjana, jangan takut, apalagi stress.

Selamat malam