Minggu, 03 Januari 2016

Tahapan Seleksi Masuk PTN

Hallo visitor, gimana liburannya? Pastinya menyenangkan bukan?

Topik kali ini bukan ngebahas masalah liburannya ya guys. Fokus kita membahas mengenai tahapan-tahapan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Jangan membaca lebih lanjut jika kalian sudah memahami gimana tahapan-tahapan seleksi masuk PTN, sebab postingan ini dikhususkan bagi pembaca yg masih samar-samar terhadap tahapan seleksi masuk PTN.

Mari kita bahasa tahap demi tahap.

Kalian harus tau dulu gimana sih sistem seleksi mahasiswa baru PTN itu?

Dari pertanyaan tersebut admin yakin jika kalian telah mengetahui dan pernah mendengar jalur yg dapat ditempuh untuk ikut seleksi PTN, tapi kita coba ulas yg dasar-dasarnya saja biar lebih mudah dipahami.



Seleksi Sebuah PTN itu melalui beberapa tahapan/jalur yg dapat kita ikuti yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan yg terakhir Ujian Mandiri

Sudah tau kan, jadi seleksi masuk perguruan tinggi negeri itu ada 3 jalur. Selanjutnya mari kita bahas satu per satu.

A. SNMPTN

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri, jalur ini merupakan jalur yg pertama dibuka pendaftarannya.

SNMPTN dulu namanya jalur "undangan", pasti tidak asing dengan nama jalur tsb. Jalur ini merupakan jalur tanpa tes. Peserta yg dinyatakan lulus tinggal melakukan pendaftaran ulang dan pelunasan biaya kuliah.

SNMPTN bukan ujian tertulis, inget ya. Lulus atau tidaknya kamu itu dilihat dari nilai raport kamu sejak semester 1 hingga semester 5 di tingkatan SMA/SMK sederajat. Selain nilai raport, prestasi sekolah kamu juga dinilai dalam hal ini namanya indeks sekolah, dan yg terakhir alumni sekolah kamu ternyata juga dinilai loh gimana prestasinya di bangku kuliah.

SNMPTN pendaftarannya gratis. Tapi untuk melakukan pendaftaran jalur ini kamu perlu yg namanya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Untuk mendapatkan NISN sekolah kamu harus melakukan penginputan data PDSS (ini dilakukan oleh sekolah bukan siswa). Selanjutnya kamu baru bisa melakukan proses pendaftaran di situs resmi www.snmptn.ac.id

SNMPTN merupakan kuota penerimaan mahasiswa baru yg paling besar sekitar 60% dari kuota penerimaan, meski ada informasi yg mengatakan untuk tahun 2016 ada pengurangan kuota. Jangan khawatir fokus saja terhadap tujuan kamu!

SNMPTN dikhususkan bagi siswa yg sedang dan ingin menyelesaikan pendidikan tingkat SMA sederajat, untuk alumni tidak bisa ikut seleksi pada jalur ini.

Untuk kamu yg ingin mendapatkan beasiswa bidikmisi kamu juga harus melakukan pendaftaran di situs resmi bidikmisi.

B. SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan jalur tes masuk PTN yg kedua, jalur ini akan dibuka pendaftarannya setelah pengumaman hasil seleksi jalur SNMPTN.

SBMPTN merupakan jalur seleksi melalui tes tertulis, jadi perlu persiapan sedini mungkin untuk mengikuti jalur ini. Untuk bisa ikut seleksi tentunya kamu harus melakukan pendaftaran di situs resmi www.sbmptn.or.id ini tidak gratis kamu harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu ke salah satu bank yg ditunjuk oleh panitia seleksi. Selanjutnya baru bisa melakukan proses registrasi.

SBMPTN biasanya memiliki kuota penerimaan sekitar 30% saja, artinya persaingan sangatlah ketat. Waspada akan hal ini.

SBMPTN dapat diikuti oleh siswa baru selesai SMA/SMK sederajat maupun alumni 2 tahun terakhir.

SBMPTN juga boleh diikuti peserta yg sudah lolos pada seleksi SNMPTN, Bertambahlah pesaing kamu. Jangan dijadikan musuh ya, jadikan motivasi kamu untuk lebih giat belajar demi harapan kamu.

C. Ujian Mandiri

Jalur ini merupakan jalur seleksi terakhir yg dapat kamu ikuti, jalur ini disesuaikan dengan ketentuan dari masing masing perguruan tinggi penyelenggara.

Jalur ini juga akan dibuka setelah pengumuman SBMPTN

Sementara Kuota penerimaannya pun berbeda-beda dari setiap PTN penyelnggara yg pasti biasanya sekitar 10% saja. Hampir sama dengan SBMPTN jalur ini merupakan jalur tes tertulis dan berbayar.

Untuk proses pendaftaran sama dengan jalur sebelumnya dapat dilakukan secara online, situs pendaftaran jalur ini sesuai dengan PTN yg akan kamu pilih. Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN  yg memiliki situs nasional.

Jadi, kesimpulannya tahapan seleksi mahasiswa baru perguruan tinggi negeri itu ada 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, & Ujian Mandiri

Setiap jalur dibuka dalam waktu yg berbeda.

Persaingan untuk masuk PTN sangatlah ketat maka perlu persiapan agar dapat lulus dan kuliah di PTN favorite kalian.

Semoga bermanfaat

Jika kalian merasa bermanfaat silahkan share. Dengan demikian kalian juga telah ikut menebar manfaat untuk orang lain.
Sumber: diolah dari berbagai sumber
Oh iya, biar kamu bisa update informasi seputar SNMPTN dan SBMPTN jangan lupa follow & like nya
Twitter : SNMPTNews
Fb       : Facebook SNMPTNews

Follow kalian adalah support untuk kami terus memberikan informasi.
 

Ad Placement