Selasa, 08 Desember 2015

Persiapan SNMPTN & SBMPTN

SNMPTN 2016 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2016 sudah semakin dekat.

Seperti yg kita ketahui, saat ini kita telah memasuki semester dua, dan bagi siswa kelas XII tentunya butuh donk informasi yg seperti ini.

Disimak ya biar informasinya ga setengah setengah, setelah membaca ini kamu tentunya bisa mengetahui apa itu SNMPTN secara jelas, tata cara pendaftaran, tips agar lolos seleksi SNMPTN 2016.

1. APA ITU SNMPTN?

Telah disebut sebelumnya SNMPTN itu singkatan dari "Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri".

SNMPTN dilakukan secara serentak dari semua sekolah yg ada di Indonesia atau istilahnya "Nasional".

SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Karena selain jalur ini ada juga jalur ujian tertulis atau lebih dikenal dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Seleksi Mandiri (USM)

Nah sekarang sudah jelaskan? Oke mari kita simak poin berikutnya.

2. Apa Saja Kriteria Penilaian SNMPTN?

Kriteria penilaian jalur ini ada 3 jenis yaitu; siswa, sekolah, dan alumni.

Siswa

Sudah menjadi ketentuan umum jika ingin lolos dari seleksi ini tentunya nilai raport kamu harus mendukung. Sebab, penilaian yg satu ini dilihat nilai raport kamu dari semester 1 - 5.

Nilai raport kamu tidak harus 100 kok tapi harus konsisten, artinya tidak ada nilai yg menurun dari semester ke semester.

Nilai apa saja yg dinilai? Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan ini kalian bisa baca postingan saya sebelumnya khusus mengenai kriteria nilai yg lulus SNMPTN. Tapi disini saya coba memberikan  Jawabannya secara singkat. Nilai yg dinilai itu adalah nilai per mata pelajaran sesuai jurusan kamu dan nilai rata-rata raport kamu. Nah, setelah membaca artikel ini coba kalian buka raport kalian, kira-kira memenuhi kriteria tersebut diatas ga?

Sekolah dan Alumni

Sekolah juga berpengaruh loh dalam SNMPTN ini, istilahnya penilaian indeks sekolah yg mencakup akreditasi, prestasi, serta alumni.

Bagaimana untuk mendapatkan informasi mengenai sekolah? Sudah pasti kamu harus kepoin guru kamu donk, disini kamu harus pro aktif untuk mencari informasi.

Cari tau data kakak kelas kalian yg pernah ikut SNMPTN tahun lalu, jika sudah dapat tinggal di analisis mengenai peluang kalian untuk lolos menyusul kakak tingkat kalian.

Misalnya:

Tahun lalu kakak kelas kalian yg daftar di Universitas A sebanyak 30 orang dan yg dinyatakan diterima sebanyak 15 orang artinya kelulusannya 50%

Universitas B pendaftar dari sekolah kamu sebanyak 15 orang dan yg diterima  hanya 3 orang 20%

Maka, dapat disimpulkan sekolah kamu dimata universitas A lebih baik daripada universitas B, tentu sebaiknya kamu harus daftar di universitas A donk alasannya lebih besar peluangnya.

Catatan; jika ada kakak tingkat kalian dinyatakan keterima di univ tertentu tapi dia menolak, maka itu akan menjadi ancaman tersendiri bagi kamu. Biasanya kemungkinan pendaftar dari sekolah tsb untuk 2 thn mendatang akan di blacklist. Makanya hati-hati dalam nentuin jurusan kamu, jangan merugikan sekolah dan adik tingkat kamu ya.

3. Apa Keuntungan Mengikuti Jalur SNMPTN?

Jika berbicara masalah keuntungan sudah tentu jalur SNMPTN ini sangat menguntungkan!! Yg pertama Gratiss, biaya pendaftaran ditanggung oleh pemerintah, Kamu tidak perlu lagi mengikuti tes seleksi. Jika kamu dinyatakan lulus tinggal duduk manis, saat jadwal pendaftaran ulang mahasiswa baru yg dinyatakan lulus tinggal daftar saja. Enak bukan? Sekalipun tidak lulus kamu tidak rugi!!! Ingat ini gratis, yg rugi itu kalo kamu ga ikut seleksi ini.

Keuntungan yg lainnya persentase penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ini rata-rata setiap universitas 50%-60% dari kuota penerimaan mahasiswa baru dari masing-masing jurusan. Wow !! Peluang sangat lebar.

Tapi, dengan keuntungan tersebut diatas tentu saingan kamu sangat-sangat banyak. Siapa yg tidak mau lulus tanpa seleksi? Tapi apakah semua PTN mampu menampung semua pendaftar? Bayangkan saja, seluruh SMA/SMK Sederajat di Indonesia mengidolakan jalur ini.

4. Apa sih tips agar lolos SNMPTN?

Pasti ini salah satu topik yg kalian cari kan? Uda ngaku aja hehe !!

Tips biar lolos SNMPTN itu sederhana kok, sangat-sangat sederhana.

Pertama dan utama kamu harus memahami syarat dan ketentuan dalam seleksi ini.

Kalian tidak mesti capek-capek buat belajar dari awal, loh kenapa? Karena SNMPTN bukan ujian tertulis, saat seleksi kalian tidak mengikuti tes seperti Ujian Nasional gitu, tugas kalian hanya mendaftar kan diri saja. Sisanya hanya panitia dan Tuhan yg tau kalian diterima atau ga.

Lalu apa donk yg dinilai? SNMPTN ini menilai prestasi belajar baik akademis maupun non akademis. Maksudnya dari nilai raport dan prestasi yg pernah kalian raih selama semester 1 hingga akhir.

Selanjutnya dalam SNMPTN sekolah dan alumni kalian juga dinilai loh, pengaruhnya sangat besar pula.

Uda, 3 point itu aja sih yg dinilai cuma sedikit kan?

Biar kamu lebih ngerti, coba deh kalian baca-baca di postingan saya sebelumnya mengenai syarat dan ketentuan SNMPTN


5. Bagaimana Jika Gagal SNMPTN?

Seperti yg sudah kalian baca diatas, tidak mungkin Seluruh PTN mampu menampung seluruh pendaftar SNMPTN. Dengan segenap keuntungan yg akan kamu dapatkan, peluang untuk gagal lolos dari seleksi ini juga sangat besar! Jangan berkecil hati, jika gagal masih ada jalur SBMPTN dan Ujian Mandiri kok, keep calm!!!

Perisapan snmptn sbmptn

Nah uda lumayan ngerti kan mengenai isi artikel ini? Itulah beberapa informasi mengenai SNMPTN 2016, nanti kalo ada kesempatan kita berjumpa lagi di postingan berikutnya seputar SNMPTN ini. Semoga informasinya bermanfaat.

Jika kalian merasa bermanfaat silahkan share. Dengan demikian kalian juga telah menebar manfaat untuk orang lain.

Sumber: diolah dari berbagai sumber



Follow kalian adalah support untuk kami terus memberikan informasi.