Jumat, 25 Februari 2022

Try Out Soal Pretes PPG Pedagogik 100 soal

Soal pretest ppg 2022/2023

Try out Soal pretest ppg Sebagai bentuk persiapan pretest ppg dalam jabatan kali ini soal-soal yg bisa dipelajari agar mendapatkan hasil maksimal yaitu lulus pretest ppg. Silahkan dipelajari soal-soal pretest ppg berikut semoga bermanfaat

Untuk link download silahkan mengunjungi link download soal pretes ppg pedagogik yang kami saipkan dibawah artikel ini. Jika melihat potingan seperti ini persis maka silahkan kunjungi situs asalnya yaitu itsdhonal.blogspot.com

Tryout soal pretest ppg


PREDIKSI TRYOUT SOAL PRETEST PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK

1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A. kemampuan kognitif

B. kemampuan interaksional

C. kemampuan integrasi diri

D. kemampuan komunikatif


2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri


3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A. 0 - 2 tahun

B. 2 -- 7 tahun

C. 7 -- 11/12 tahun

D. 11/12/ -- 14/15 tahun

Baca juga: Berkas PPG Belum Disetujui bagaimana solusinya?

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. moral

6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan...

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spritual

7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A. penalaran pascakonvensional

B. penalaran konvensional

C. penalaran prakonvensional

D. penalaran interkonvensional

8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

A. Prakonvensional

B. Konvensional

C. Pascakonvensional

D. Interkonvensional


9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. menformulasikan tindakan


10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.

Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian


Baca juga:


11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial


12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu


13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Kontruktivisme


14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Humannistik

C. Behaviorisme

D. Konstruktivisme


15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

A. Humanistik

B. Konstruktivisme

C. kognitivisme

D. Nativisme

Baca juga : Soal Pretes PPG lainnya

16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

A. Sibernetik

B. Konstruktivisme

C. Behaviorisme

D. Humanistik


17. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konselingadalah....

A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalahpribadinya

B. Membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri denganlingkungannya

C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitanbelajar

D. Membantu siswa agar memperoleh informasitertent

18. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

a. Behaviorisme

b. Konstruktivisme

c. Kognitivisme

d. Sibernatik

19. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuatdalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus danRPP

D. SKL

20. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkahpembelajaran


21. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagaiberikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensidasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensilulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh timguru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satanpendidikan.


22. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)adalah

A. Materi atau bahan ajar berbasiskompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada pesertadidik

C. RPP bersumber darisilabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuanpendidikan


23. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut......

Kompetensi dasar :Mengenal kegiatanbermusyawarah

Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatanbermusyawarah

Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah denganbenar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindaklanjut

B. Mendorong partisipasi aktif pesertadidik

C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D. Keterkaitan danketerpaduan

Tryout soal pretest ppg nomor 24 dan seterusnya

24. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutanberikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, danevaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sĆ­ntesis, danevaluasi

C. ingatan, pemahaman, sĆ­ntesis, aplikasi, analsis, danevaluasi

D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,sĆ­ntesis.


25. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutanberikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, danevaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,sĆ­ntesis

C. ingatan, pemahaman, sĆ­ntesis, aplikasi, analsis, danevaluasi

D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,mencipta.


26. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat,adalah….

A.RolePlaying

B. Inquiry

C. ProblemSolving

D. Picture andPicture


27. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaranadalah:

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakandiskusi

B. Rumusan masalah yang harusdidiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengiktipembelajaran

D. Motivasi belajarsiswa


28.Fungsi indikator dijadikan sebagai penandadalam….

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensidasar.

C. Pencapaian tujuanpembelajaran

D. Pencapaian standarkelulusan


29. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaantersebut

B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupunsalah

C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami pesertadidik

D. Menjawab sendiri pertanyaantersebut.


30. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya....

A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual pesertadidik.

B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistempenilaian.

C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensidasar.

D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

Baca juga:

31. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut,kecuali....

Sharing denganteman

Gurukreatif

Pengalamannyata

Menggunakan satusumber


32. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhikriteria…

Sahih

Kebermanfaatan

Layakdipelajari

Menarikminat


33. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikutipola....

Kausal

Spiral

Kronologis

inquiri


34. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar ataumassal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...

tujuan

sasarandidik

ketersediaan

kontekspenggunaan


35. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaranadalah…

Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dansekolah

Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajarantersebut.

Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuansekolah.

Pendidik menyesuaikan dengan materipembelajaran.


36.Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi kedalam..

media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput  terbatas

media yang dpat didengar saja dan media yang dapatdilihat

media tradisional dan media berbasisTIK

media dua dimensi dan media tigadimensi


37.Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini. Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikanadalah...

A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mututeknis.

B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan kontekspenggunaan.

C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan kontekspenggunaan

D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristikmedia


38. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaranadalah:

media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasisTIK

sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatanpembelajaran

media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu  kegiatan  pembelajaran

memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidakmerepotkan


39. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredarandarah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

Menampilkan objek yang terlalubesar

Membuat konkrit konsep yangabstrak

Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan matatelanjang.

Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkunganbelajar.


40. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar,candi.

Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkunganbelajar.

Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredarandarah.

Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan matatelanjang.

Try Out Soal Pretest PPG Bagian Berikutnya

41. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebutadalah…

book

forum

blog

e-portofolio


42. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

program mencariinformasi

program desktoppublishing

program untuk menjelajahilaman

program penciptaanlaman


43. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (searchengine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

www.yahoo.com

www.gmail.com

www.hotmail.comD. www.cari-data.com


44. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebutadalah...

MicrosoftDatabase

MicrosoftPowerPoint

Microsoft DesktopPublishing

MicrosoftWord


45. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....

MicrosoftDatabase

Microsoft SpreadSheet

Microsoftpowerpoint

Microsoft DesktopPublishing


46. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari modelpembelajaran…

portofolio

saintifik

penemuan

autentik


47. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....

projek basedlearning

discoveryLearning

Problem BasedLearning

Inquirylearning


48. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi modelpembelajaran

....

Project basedlearning

inquirylearning

Discoverylearning

problem basedlearning


49. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning:

1.Penentuan PertanyaanMendasar,

2.Mendesain PerencanaanProyek,

3.Menyusun Jadwal (Create aSchedule),

4.Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

5.Menguji Hasil (Assess theOutcome),

6. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate theExperience).

Urutan yang benar adalah....

A. 1-2-3-4-5-6

B. 1-3-2-4-5-6

C. 1-3-2-5-6-4

D. 1-2-3-5-4-6


50. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikutini!

Mengorganisasi siswa dalambelajar

Orientasi siswa padamasalah

Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri ataukelompok

Mengembangkan dan menyajikan hasilkarya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

A. 1-2-3-4

B. 2-3-1-4

C. 3-2-1-4

D. 2-3-1-4


51.Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukanfaktor-faktor….

Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuanguru

Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intakesiswa

Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intakesiswa


52.Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intakesiswa. Fungsi KKM adalah sebagai berikut,kecuali....

sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian matapelajaran

merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap matapelajaran

dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.


53. Fungsi indikator dijadikan sebagai penandadalam….

Pencapaian standar kompetensi

Pencapaian kompetensidasar.

Pencapaian tujuanpembelajaran

Pencapaian standar kelulusan


54. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guruadalah;

Menilai tingkat pencapaian hasil belajarsiswa

Menambah bahan pelajaranbaru

Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindaklanjut

Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindaklanjut


55. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaranadalah:

Pedomanobservasi

Kuesioner

Pedomanwawancara

Tes hasilbelajar


56. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harusdipelajari:

Buku sumber yangdigunakan

Kurikulum dansilabus

Indikator pencapaiankompetensi

Kemampuan awalsiswa


57.Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:

penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harusdiukur

penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatanpembelajaran

penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harusdicapai

penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspekkompetensi


58.Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut,kecuali:

Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yangdigunakan

Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yangdinilai

Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan pesertadidik

Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhirsemester


59.Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitungnilai;

Mean

Modus

Median

Simpanganbaku


60.Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalammelaksanakan

Penilaian hasil belajar pesertadidik

Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

Penilaian silabus danRPP

Penilaian standar kompetensilulusan


61.Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa , gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspekpenilaian….

Objektivitas.

Transparan

Bermakna

Menyeluruh


62.Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagaiberikut:

Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yangberbeda

memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebihtinggi

memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yangsesuai

diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitantinggi


63.Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya dibawah ketuntasan belajar ….

proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajarbiasa

tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan testdiagnostik

sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasansiswa

strategi yang dipilihhanya berbentuk testulang


64.Salahsatuprinsipmerancangprogramremidialbagipesertadidiktampakdalamkegiatan

guru ….

Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa pesertaremedial

Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yangada.

merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasanmateri


65.Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnyamerupakan:

Nilai batas ambangkompetensi

Nilai minimal yang dicapai pesertadidik

Nilai maksimal yang dicapai pesertadidik

Nilai batas ambang kelulusan ujiansekolah


66.Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugassiswa

Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiapsiswa

Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasilbelajar

Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial


67.Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut....

Konstruktivisme

Authenticassesment

Efektif

kondusif

Try Out Soal Pretest PPG Lanjutan nomor 68

68.Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalamkelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah….

Penilaianberkelanjutan

penilaianmenyeluruh

penilaian acuanpatokan

penilaian acuannorma


69.Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik pesertadidik.

Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan....

Penilaianberkelanjutan

Penilaianautentik

Penilaian acuanpatokan

Penilaian acuannorma


70.Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatukompetensi,

merupakan…

tujuanpenilaian

prinsippenilaian

fungsipenilaian

hasilpenilaian


71.Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaanmerupakan….

prinsippenilaian

tujuanpenilaian

fungsipenilaian

bentukpenilaian.


72.Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

objektif

adil

kooperatif

terpadu.


73.Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilianyang:

adil

objektif

valid

sistematis


74.Penilaianyangdapatdipertanggungjawabkan,baikdarisegiteknik,prosedur,maupun

hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

adil

akuntabel

valid

sistematis


75.Penilaianyangdilakukansecaraberencanadanbertahapdenganmengikutilangkah-langkah

yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

adil

objektif

valid

sistematis


76.Dibawahinibeberapahalyangperludiperhatikandalammelakukanassesmenhasilbelajar

peserta didik, kecuali….

ditujukan untuk mengukur pencapaiankompetensi

menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaiankompetensi

ditindaklanjuti dengan program remedial danpengayaan

dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yangjelek


77.Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial,yaitu...

Fleksibilitas

Interaktif

Adaptif

Kesinambungan


78.Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...

Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KDtersebut

Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikutremedial

Melanjutkan materi pada KDselanjutnya

Memberi tugas mengerjakan Lembar KerjaSiswa


79.Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagaiberikut:

Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yangberbeda

memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebihtinggi

memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yangsesuai

diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitantinggi


80.Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya dibawah ketuntasan belajar ….

proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajarbiasa

tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan testdiagnostik

sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasansiswa

strategi yang dipilihhanya berbentuk testulang


81.Salahsatuprinsipmerancangprogramremidialbagipesertadidiktampakdalamkegiatan

guru ….

Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa pesertaremedial

Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajarsiswa

Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yangada.

merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasanmateri


82.Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan- kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah...

merumuskanmasalah

mengidentifikasimasalah

Merancang PTK dengan mengajukan hipotesistindakan

menyusun proposalpenelitian


83.Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah….

refleksi

observasi

perencanaan

pelaksanaan


84.Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah….

A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaantindakan

refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan -->observasi


perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan -->refleksi

perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi -->refleksi


85.Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalahPTK?

Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2Boyolali?

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA2?

Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?

Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitarsekolah?


86.Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari....

kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yangdiajar

keriasauan pendidik akan mutupendidikan

keinginan untuk membantuguru

kepedulian peneliti akan kinerja guru


87.Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurutSuharsimi

Arikunto, kecuali….

Kesadaran diri untuk memperbaikikinerja

Kegiatan yangdirekayasa

Perencanaan

Upaya empiris dansistematis


88. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus

merupakan karakteristik PTK dalam hal….

Pengumpulandata

Menganalisismasalah

Mencapaitujuan

Menentukan ruanglingkup


89.Peran guru dalam PTK adalahsebagai…

Guru

Peneliti

Guru danPeneliti

ObjekPenelitian


90.Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan,kecuali….

Pelaksanaantindakan

Observasi danintepretasi

Diskusibalikan

Analisisdata


91.Tujuan PTKadalah…

PerbaikanKBM

Menyusun teoribaru

Memperbaikiteori

Menyusungeneralisasi


92.Merenungkankembalitindakanperbaikandandampaknyasertamencarijalankeluaruntuk

tindak lanjut PTK merupakan…

Analisis

Refleksi

Observasi

Diskusi


93.Latarbelakang,tujuanpenelitian,danmanfaatpenelitianharusmenjadibagiandariPTK

khususnya pada bagian….

Kesimpulan

Prosedurpenelitian

Pendahuluan

Metodologipenelitian


94.Persiapan awal dalam PTKadalah…

Menyiapkan carawawancara

Membuat analisis kelayakanhipotesis

Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran danskenarionya

Menyiapkan fasilitas dansarana


95.Proposal penelitian dalam PTKadalah….

Usulan untuk mendapatkan danapenelitian

Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukanguru

Uraian projek penelitianpendidikan

Perencanaan sistematik untuk melaksanakanPTK


96.Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK,kecuali…

Formulasi solusi dalam bentuk hipotesistindakan

Analisis kelaikan hipotesistindakan

Persiapantindakan

Observasi daninperetasi.


97.Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....

untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalampembelajaran

untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.

untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya

untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pesertapendidik.


98.Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi.Tujuan

dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….

Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar pesertadidik

Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telahdilakukan

untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalanpembelajaran

Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yangdiampu


99.Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah....

Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikanpembelajaran

Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitaspembelajaran

Penilaian dilaksanakan di akhirpembelajaran

Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhirpembelajaran


100.Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….

Penilaian dilaksanakan di akhirpembelajaran

Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitaspembelajaran

Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangatkritis

Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikanpembelajaran


101. Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah...

A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikutipembelajaran?

B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agarefektif?

C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?

D. mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kitalakukan

Untuk mendownload try out soal pretest ppg 2022 dan kunci jawaban silahkan download secara gratis melalui link yg telah disediakan: download soal pretest pedagogik ppg 2022 Demikian informasi seputar soal pretest ppg 2022 semoga bermanfaat

 

Ad Placement