Materi Sosialisasi Kurikulum Merdeka & Platform Merdeka Mengajar
Untuk mewujudkan visi Indonesia maju yang berdaulat Mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar koPancasila Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi terus menghadirkan berbagai terobosan Merdeka belajar. Merdeka belajar yang diusung Kemendikbud ristek memiliki tujuan Untuk mencapai pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia melalui transformasi pada empat hal yakni infrastruktur dan teknologi, kebijakan prosedur dan pendanaan, kepemimpinan masyarakat dan budaya, serta kurikulum pedagogi dan assesmen.
Transformasi pendidikan Indonesia dimulai dari merdeka belajar yg terdiri dari beberapa episode yaitu:
- Episode pertama yang menghadirkan terobosan empat pokok kebijakan agar paradigma dan cara lama dalam belajar dan mengajar dapat bertransformasi ke arah kemajuan
- Episode ke-2 kampus hidup
- pisode ke-3 perubahan mekanisme penyaluran dan penggunaan dana BOS
- Episode ke-4 program organisasi penggerak
- Episode kelima program guru penggerak
- Episode keenam transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi
- Episode ke-7 program sekolah penggerak
- Episode ke-8 SMK pusat keunggulan
- Episode ke-9 gaib kuliah Merdeka
- Episode ke-10 perluasan program beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan
- Episode ke-11 kampus Merdeka vokasi
- Episode ke-12 sekolah aman berbelanja bersama setelah
- Episode ke-13 Merdeka berbudaya dengan kenal Indonesia
- Episode ke-14 Gan merdeka dari kekerasan seksual dan
- Episode ke-15 kurikulum bertekad dan platform Merdeka mengajar
Semuanya Menjadi bagian penting dalam upaya pemulihan dari krisis pembelajaran dan perbaikan kualitas pembelajaran serta menjadi terobosan terbaru dalam membantu guru untuk saling terhubung berkolaborasi dan menginspirasi dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila Demi kemajuan Pendidikan Indonesia
Kurikulum merdeka dan platform Merdeka mengajar
Hasil dari studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia sudah cukup lama mengalami krisis pembelajaran Selain itu kesenjangan kualitas pendidikan yang curam di antar wilayah dan kelompok sosial juga masih menjadi tantangan di Indonesia masih tersebut diperparah dengan covid 19 yang mengubah secara drastis proses belajar dan mengajar.
Artikel lain: Download 11 file Kurikulum Merdeka Belajar
Untuk mengatasi situasi tersebut diperlukan perubahan yang sistemik dalam meningkatkan kualitas guru kepala sekolah atau madrasah yang merupakan faktor kunci dalam upaya transformasi pembelajaran melalui Merdeka belajar.
Baca juga:
Kemendikbud riset berupaya untuk mensosialisasikan dua perangkat penting untuk memulihkan dan mendukung proses belajar mengajar dengan meluncurkan kurikulum merdeka dan platform Merdeka mengajar. Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi satuan pendidikan dalam upaya pemulihan pembelajaran membantu mengeksplorasi kualitas pendidikan kita serta memberikan solusi atas hambatan yang dialami ibu dan bapak guru dalam menjalankan perannya sebagai pendidik.
Kurikulum merdeka dan platform Merdeka mengajar sebagai akselerasi mutu pembelajaran dan peningkatan kualitas guru. Kita semua sudah tahu bahwa Indonesia mengalami krisis pembelajaran ini sudah kita alami dalam 20 tahun terakhir kita dalam angka tes PISA meliputi numerasi, literasi, dan science kita mengetahui bahwa Indonesia masih sangat perlu diperbaiki, tidak ada peningkatan yang signifikan dalam 10-15 tahun terakhir dan 70% siswa usia 15 tahun kita ada di bawah kompetensi minimum untuk membaca dan matematika ini makanya kita harus menyebut ini sebagai suatu krisis dan suatu krisis membutuhkan solusi-solusi yang juga luar biasa untuk bisa mengejar ketertinggalan kita
Krisis Pembelajaran dan Learning Loss Selama Masa Covid 19
Krisis pembelajaran ini menjadi lebih parah lagi pada saat kita mengalami covid pada saat kita pindah kepada learning online dan ini adalah salah satu dampak aktif daripada coronavirus dan kita telah Melakukan asesmen dan mengkalkulasi apa sebenarnya dampak learning lossnya dari yang terjadi dan kita melihat berdasarkan analisa kita Dan juga divalidasi dengan riset-riset eksternal bahwa dari sisi literasi kita sudah kehilangan sekitar enam bulan pembelajaran didalam suatu tahun akademik.
Sementara untuk numerasi kita kehilangan lima bulan ini namanya learning Lasem dikuantifikasi berdasarkan waktu nah ini adalah rata-rata itu artinya banyak sekali sekolah yang mengalami learning Loss yang jauh lebih besar dari ini ada juga sekolah yang mengalami learning Loss yang gak sebesar ini tetapi ini menunjukkan bahwa kalau rata-ratanya saja sudah 5-6 bulan kita bisa bayangkan daerah-daerah yang paling terpencil learning Loss mereka
Membangun suatu solusi kurikulum berdasarkan Keinginan untuk mengejar ketertinggalan menggunakan strategi apa yang akan mempermudah negara kita untuk mengejar ketertinggalan di dalam literasi dan numerasi itu memang menjadi Framework utama.
Kurikulum Darurat
Kurikulum darurat kurikulum darurat itu sebenarnya langkah pertama ke arah tujuan kita yaitu kurikulum Merdeka Apa sih yang kita lakukan di kurikulum darurat itu? kita menurunkan jumlah materi secara drastis agar para pelajar dan pengajar bisa fokus untuk mendalami topik topik yang paling esensial jadi kita masih menggunakan K13 kurikulum K13 tetapi kita Sederhanakan
Diberikan pilihan kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia menggunakan ternyata tidak semua sekolah menggunakan kurikulum darurat. Kurikulum darurat ini tidak dipaksa, akan tetapi bagi sekolah yang melanjutkan kurikulum 2013 dengan sekolah yang menggunakan kurikulum darurat memiliki pengaruh terhadap learning loss, bagi sekolah yg meneruskan K13 mereka mengalami learning loss mencapai 6 bulan sementara yang menggunakan kurikulum darurat learning loss nya hanya 1 bulan.
Kurikulum K13 yang digunakan tidak fleksibel, terlalu padat, materi kadang-kadang membosankan kurang beragam, teknologi digital belum digunakan secara optimal. Lalu perubahan seperti apa yang dibutuhkan? Yaitu kurikulumnya jauh lebih fleksibel guru dan sekolah bisa menentukan jam pelajaran per Minggunya, fokus kepada materi yang esensial, dukungan digital suatu aplikasi yang akan kita bicarakan nanti sebagai referensi bagi guru untuk terus mengembangkan praktek mengajar secara mandiri dan berbagi praktek baik jadi ini adalah perubahan yang yang cukup besar dan kita harapkan ini adalah sebenarnya ujungnya berawal dari guru
Kurikulum Pilihan Bagi Setiap Sekolah
Sekolah memilikk tiga opsi kurikulum sesuai dengan kesiapannya masing-masing opsi pertama adalah bagi sekolah-sekolah yang belum nyaman belum percaya diri untuk melakukan perubahan silahkan masih di dalam kurikulum 13 itu opsi pertama jadinya tidak perlu tidak dipaksakan sama sekali jadi tidak perlu khawatir lagi sekolah-sekolah mau ganti menteri ganti kurikulum itu artinya bukan karena sekolah tidak membutuhkan yang dikurung tetapi karena dipaksakan secara cepat tapi sekarang bagi sekolah-sekolah yang belum merasa siap mereka boleh tetap di dalam kurikulum 2013
Bagi sekolah-sekolah yang ingin melakukan perubahan tapi mungkin belum siap melakukan perubahan yang begitu besar tapi dia ingin memilih kurikulum yang lebih sederhana Dia masih mau di 2013 tapi yang jauh lebih ringkas materinya dia boleh memilih kurikulum darurat ya penyederhanaan dan bagi sekolah-sekolah yang sudah siap untuk melakukan transformasi sesuai dengan kecepatan yang diinginkan dan Pilihan ketiga terbuka juga untuk meluncurkan kurikulum Merdeka.
Kunci keberhasilan daripada suatu perubahan kurikulum adalah kepala sekolah dan gurunya memilih untuk melakukan perubahan tersebut Jangan pernah lupakan itu baik berikut jadi satuan pendidikan ini bisa mengimplementasikan kurikulum merdeka secara bertahap tidak perlu 100% langsung diterapkan ya kita memberikan fleksibilitas ya kurikulum Merdeka ini sudah kita tes di 2.500 sekolah penggerak.
Sebelumnya mungkin dikenal dengan kurikulum prototipe sekarang namanya kurikulum Merdeka jadi kurikulum Merdeka ini sudah kita tes di 2.500 sekolah mulai dari TK SD dan sampai ke SMP SMA dan mulai tahun ajaran ini 2022 2023 satuan pendidikan bisa mengimplementasi kurikulum Merdeka ini berdasarkan kesiapan masing-masing kita akan menyiapkan suatu survei angket untuk membantu satuan pendidikan menilai dirinya sudah siap apa tidak
Selengkapnya tentang sosialisasi Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar dapat ditonton pada youtube melalui link video Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar
Dan untuk materi lengkap tentang Materi sosialisasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar silahkan download
Jika ada kesalahan dalam penulisan dan pengejaan mohon dimaklumi kami hanya sekedar berbagi, materi lengkap dan video aali silahkan klik link yg sudah kami sampaikan, terimakasih