Metode pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan inovatif untuk guru pemula, Usia dini, SD, SMP, SMK, dan mahasiswa
Itsdhonal.blogspot.com-Sebelum membahas mengenai Metode pembelajaran bahasa inggris k13 izinkan kami mengingatkan kembali apa itu metode pembelajaran? Metode pembelajaran adalah suatu cara yg dipilih atau digunakan oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar demi mencapai tujuan pembelajaran. Lalu apa itu metode pembelajaran bahasa inggris K13?
Metode pembelajaran bahasa inggris K13 adalah metode/cara yg digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi bahasa inggris ke siswanya. Berhubungan dengan metode pembelajaran, berikut beberapa jenis-jenis metode pembelajaran umumnya yang biasa digunakan
- Metode ceramah
- Metode diskusi
- Metode tanya jawab
- Metode eksperimen
- Metode kerja kelompok
- Metode berbasis proyek, dan lain sebagainya
Lalu metode pembelajaran bahasa inggris k13 yang paling tepat kira-kira menggunakan metode apa? Pada dasarnya setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menurut pemahaman kami tidak ada metode yang dianggap metode terbaik akan tetapi setiap metode harus menyesuaikan dengan materi yg akan diajarkan kepada siswa.
Metode pembelajaran bahasa inggris k13 dibeberapa materi mungkin lebih cocok menggunakan metode ceramah, dalam materi bahasa inggris yang lain mungkin lebih cocok ke metode diskusi dan lain sebagainya.
Berikut beberapa rekomendasi kami mengenai metode pembelajaran bahasa inggris k13 yg bisa digunakan dalam proses belajar mengajar "Grammar Translation Method, Audio Lingual Method, Silent Way, Total Physical Response"
Grammar Translation Method
Grammar Translation mungkin sudah tak asing lagi bagi guru bahasa inggris, dalam metode ini menekankan pemahaman terhadap susunan atau tata bahasa suatu bahasa yang dalam hal ini bahasa inggris. Melalui metode gramar translation ini kegiatan pembelajaran juga menekankan kepada siswa untuk melakukan translet bahasa inggris ke bahasa indonesia atau ke dalam bahasa lainnya. Sehingga dengan metode gramar translation ini siswa lebih banyak mengetahui arti dari setiap kata dalam bahasa inggris dan bagaimana ketentuan dalam penggunaannya sesuai aturan yang ada dan biasanya dalam metode gramar translation ini diperkenalkan bentuk lampau, sekarang, dan masa depan.
Selanjutnta metode pembelajaran bahasa inggris k13 yang kedua yg menjadi alternatif bagi guru bahasa inggris adalah metode audio ligual method.
Audio Ligual Method
Audio lingual method juga bisa digunakan dalam salah satu metode pembelajaran bahasa inggris k13. Melalui metode ini siswa diajak untuk menirukan dan menebak apa yang dibicarakan oleh guru mulai dari dialog yang singkat. Guru meminta siswa untuk mengahafal dialog tanpa memberitahu apa maksud dialog tersebut, namun guru hanya memberikan sedikit gerakan yang menggambarkan dialog tersebut. Dalam metode audio lingual ini siswa dimisalkan seorang bayi yg tidak mengerti apa yg dibicarakan akan tetapi bayi tersebut diberi rangsangan atau clue sehingga dia bisa menebak apa yg dibicarakan.
Silent way method
Metode pembelajaran bahasa inggris k13 yang ketiga yaitu silent way. Silent way method merupakan salah satu metode yang digunakan dengan cara siswa diajak untuk mendengar kemudian berbicara, membaca dan terkahir menulis apa yg sudah mereka lakukan (mendengar, berbicara, dan membaca) dengan menerapkan metode silent way ini diharapkan siswa dapat dengan cepat memahami cara melafalkan dan cara menulis sebuah kosa kata dalam bahasa inggris.
Total Physical Response Method
Metode pembelajaran bahasa Inggris kurikulum 2013 selanjutnya adalah Total Physical Response, dari namanya saja 'fisik' artinya guru melakukan suatu kegiatan aktifitas fisik sampai siswa memahami apa yg dibicarakan guru melalui aktifitas fisik tersebut sehingga siswa dapat melakukan instruksi guru terkait dengan apa yg disampaikan oleh guru tsb.
Seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi dan informasi, metode metode belajar bahasa inggris dapat memanfaatkan media video, tutorial, maupun pembelajaran online yang ada diberbagai platform internet, sosial media, dan lain sebagainya.
Metode pembelajaran dapat disesuaikan dengan karakteristik dominan dari masing-masing individu. Ada yang dominan ke metode pembelajaran visual, audio, maupun audio visual.
Untuk karakter visual mungkin lebih cocok menggunakan metode dengan teknik membaca teks bergambar dalam bahasa inggris, teks yang memiliki warna yg mencolok, buku bahasa inggris yang memiliki gambar dan warna yang mungkin sejuk dipandang mata.
Sementara untuk pebelajar yang dominan audio mungkin dapat dengan menggunakan metode belajar melalui sebuah rekaman suara, rekaman lagu dan lain sebagainya yang bersifat audio
Terkahir yaitu metode pembelajaran bagi audio visual, artinya melalui gambar dan suara atau lebih dikenal dengan belajar bahasa inggris menggunakan video pembelajaran, entah itu melalui sebuah film, video klip sebuah lagu dan lain sebagainya.
Oleh karena itu penting bagi kita untum memahami karakteristik belajar setiap individu sehingga dengan mengetahui karakteristik belajar tersebut diharapkan dapat mempermudah dalam proses menerima marteri pembelajaran sehinggu tujuan pembelajaran dapat dengan mudah dicapai dengan memperoleh hasil yang memuaskan.
Demikian informasi mengenai metode pembelajaran bahasa inggris k13 semoga apa yang kami tulis ini dapat memberikan manfaat secara luas. Metode pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan inovatif untuk guru pemula, Usia dini, SD, SMP, SMK, dan mahasiswa